Minggu, 04 Maret 2012 | By: Bimo Prakoso

Dampak Negatif Social Networking

  Jejaring sosial (Social Networking) memang sangat bermanfaat dan menarik bagi beberapa kalangan. Selain membantu komunikasi jarak jauh, Social Networking juga banyak memberikan fitur-fitur yang menarik di dalamnya. Namun jarang penggunanya menyadari kekurangan dampak yang ditimbulkan dari Social Networking. Berikut beberapa dampak dari social networking:

  1. Bertambahnya Kemalasan Pengguna social networking
    Sebagai contoh karyawan yang sedang dalam jam kerja terkadang mereka malah asik bermain situs Jejaring sosial. Mau diakui atau tidak pasti mengurangi waktu kerja mereka.

     2. Kurang Aktifnya  Pengguna Dalam Bermasyarakat

     Karena perkembangan situs jejaring sosial yang mampu membuat para penggunanya merasa  nyaman sekali. sehingga sebagian orang merasa cukup dengan berinteraksi lewat internet / jejaring sosial. Sehingga hal ini mengurangi frekuensi interaksi secara langsung.Hal ini menyebabkan seseorang menjadi malu dalam berinteraksi dengan orng lain, tidak mampu menyampaikan gagasan-gagasan secara langsung, dll.

     3. Kurang Harmonisnya Hubungan Keluarga

         Hal ini membuat hubungan atar keluar menjadi renggang. Sebagai contoh saat sedang bersama keluarga orang tua semakin sedikit waktunya dengan anak-anak karena mereka lebih asik dan nyaman membuka situs jejaring sosial. Bisa terjadi sang suami sedang menulis wall, si istri sedang membuat koment di foto sementara anaknya diurusi pembantu.Sehingga sang anak tidak mendapat perhatian yang cukup dari kedua orangtuanya.

0 komentar:

Posting Komentar